Emangnya Menulis Blog Bisa Menghasilkan Duit dan Cukup untuk Biaya Hidup?


Steveelu.com – Ya, mungkin ini pertanyaan yang sering dijumpai oleh penulis blog atau blogger, minimal saya. Saat bertemu dengan orang yang bertanya demikian, saya sendiri kadang kesulitan untuk menjelaskan, apalagi meyakinkannya.

Untuk meyakinkan seseorang tentang apa yang kita lakukan memang butuh waktu, juga bukti. Apalagi pekerjaan menulis di blog, pengalaman saya, tidak bisa langsung dikatakan ‘pekerjaan ini menghasilkan sesuatu’. Malah terlihat seperti sia-sia.

Saya mulai tahu blog sejak di bangku kuliah, sekitar tahun 2008. Katika itu saya mulai mengenal dunia internet dan melihat beberapa teman mulai menulis blog. Tapi, saya belum tertarik sama sekali untuk memulainya.

Menjelang akhir masa kuliah, saya bertemu lagi dengan teman-teman yang suka menulis blog. Bahkan beberapa kali saya diajak untuk melihat-lihat blog mereka. Tapi, seperti yang saya katakan di awal tadi, hal itu tidak cukup meyakinkan saya untuk mulai ngeblog.

Tahun 2011, saya mulai terjun ke dunia kerja profesional, sebagai seorang juru warta di sebuah majalah. Minggu-minggu pertama, dengan semangat ingin belajar tulis-menulis, saya mulai mengingat-ingat kembali blog teman-teman saya itu.

Lalu saya mulai membuat blog yang gratisan; blogspot. Dan saya juga mulai membuat akun di Kompasiana dan mempublikasikan tulisan-tulisan saya di sana.

Proses ngeblog ‘gratisan’ ini berlangsung sekitar dua tahun. Pada 2013, datang seorang karyawan di kantor saya yang sangat paham dunia blog. Ia juga nyambi sebagai penjual jasa pembuatan website. Dari teman saya inilah saya belajar banyak tentang dunia blog.

Karena itu, saya ingin sebutkan lapak usahanya di sini sebagai bentuk terima kasih saya untuk beliau. Dan tentu saja bertujuan juga untuk promosi. Nama lapaknya, Pandehost.com.

Dua tahun saya belajar dari teman baik saya ini tentang bagaimana membangun blog. Selanjutnya saya coba membuat sedikit manajemen agar bekerja dengan rapi. Bersama dia dan beberapa teman juga kami membuat komunitas dengan konsentrasi diskusi dan resensi buku.

Tahun 2015 teman saya ini memilih keluar dari tempat kami bekerja karena beberapa alasan. Saya dua tahun kemudian.

Setelah benar-benar berhenti dari bekerja profesional, saya nekad dengan mengkonfersi kegiatan ngeblog menjadi pekerjaan perofesional saya.

Ini tidak mudah, tapi saya mencoba untuk memulainya. “Minimal bekerja untuk diri sendiri”, ini kalimat yang coba saya ujarkan ulang-ulang untuk meyakinkan diri pada pilihan ini.

Bersama adik saya dan seseorang yang akan berperan dalam hidup saya di kemudian hari nanti, kami mulai mengkonfersi kegiatan blog menjadi ‘kerja profesional’ kami. Awalnya, tampak seperti tidak bisa menjanjikan apa-apa. Artinya, penghasilan dari ngeblog tidak bisa untuk membiayai hidup.

Tapi saya tetap yakin bahwa pekerjaan yang ditekuni terus-menerus akan menghasilkan buah. Yang terpenting adalah ulet dalam mengelolanya sembari melihat peluang-peluang apa yang masih bisa dikembangkan.

Saat ini, ketika saya menuliskan catatan sederhana ini, kami sudah bekerja sebagai blogger satu setengah tahun. Dan hasilnya? “Tidak seberapa, cukup untuk membuat saya yakin bahwa pekerjaan ini tidak sia-sia dan bisa diandalkan untuk membiayai hidup esok, esok dan esok…”.
Emangnya Menulis Blog Bisa Menghasilkan Duit dan Cukup untuk Biaya Hidup? Emangnya Menulis Blog Bisa Menghasilkan Duit dan Cukup untuk Biaya Hidup? Reviewed by Steve Elu on 01:05:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.