Dapat Paket dari Noura Publishing, Teringat Komunitas yang Kami Dirikan Lalu Mati

steveelu.com dan noura publishing

Hari ini, Jumat, 3 Agustus 2018, tiba-tiba pegawai TIKI berdiri di depan kos dan memanggil-manggil nama “Kupas Buku Club”. Saya pun keluar menemui pegawati TIKI itu karena saya tidak asing dengan nama itu.

Ternyata ada paket untuk “Kupas Buku Club”. Saya menerima paket tersebut lalu membubuhkan tanda tangan bukti terima.

Lalu saya membuka paket tersebut. Ternyata di dalamnya ada tiba buah buku yang cukup tebal, kiriman dari Penerbit Noura Publishing.

Berikut adalah judul-judul buku dalam paket tersebut:

  • Stop Pretending Start Practicing
  • Charlie and the Great Glass Elevator
  • Charlie and the Chocolate Factory


Sebelum cerita lebih lanjut, saya ingin sedikit kembali ke belakang. Pada 2014, saya dan beberapa teman mendirikan sebuah komunitas dengan nama “Kupas Buku Club”. Anggotanya sebagian besar teman kerja.

Ketika itu niat kami hanya untuk menjadi mediator antara penerbit buku dan pembaca. Jadi kami menjalin kerja sama dengan penerbit untuk meresensi atau membuat ulasan terhadap buku-buku baru terbitan mereka. Selain itu, kami juga mengadakan diskusi dan lomba, semuanya berbasis buku.

Ketika itu, hampir tiap bulan sekitar lima penerbit mengirimkan buku-buku terbitan mereka untuk kami resensi. Saking banyaknya buku yang dikirim sampai rak buku dan meja yang saya sulap sebagai tempat saya mengetik saban hari, penuh dengan buku.

Namun, pada akhirnya anggota komunitas ini tidak bisa dilanjutkan. Teman-teman saya ada pindah tempat kerja, ada yang masih tetap, atau mungkin juga ada yang sudah beralih minat. Jadilah kegiatan-kegiatan “Kupas Buku Club” tidak berlanjut lagi.

Sampai hari ini, buku-buku yang dikirim oleh beberapa penerbit itu masih tersimpan rapi. Sebagian besar sudah saya baca dan resensi; sebagian lainnya diresensi oleh teman-teman sekomunitas dulu.

Buku yang sampai ke kos hari ini mengingatkan saya akan masa-masa itu. Masa di mana kami berbekal nekad membuat komunitas dengan dana patungan, bikin diskusi, menghubungi penerbit untuk menjalin kerja sama, bikin lomba macam-macam, dan lain sebagainya.

Kiriman buku ini membuat saya berpikir, di satu sisi sangat berterima kasih kepada Noura Publishing yang masih mengirimkan bukunya kepada kami (kos saya sebagai alamat tujuan), tapi di lain sisi merasa bersalah karena kiriman buku seperti ini tidak bisa lagi diresensi atas komunitas kami itu.

Meski demikian, sebagai bentuk tanggung jawab saya kepada Noura Publishing yang sudah mengirimkan bukunya, saya akan tetap membaca dan menuliskan resensi dari ketiga buku tersebut di blog saya. Mudah-mudahan hal ini tidak terlampau mengecewakan.

Sekali lagi terima kasih dan semoga kita tetap bisa bekerja sama ke depan. Salam hangat!
Dapat Paket dari Noura Publishing, Teringat Komunitas yang Kami Dirikan Lalu Mati Dapat Paket dari Noura Publishing, Teringat Komunitas yang Kami Dirikan Lalu Mati Reviewed by Travel Blogger on 18:05:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.