Dua Sastrawan Peraih Nobel Sastra 1904

STEVEELU.com - Penghargaan Nobel Sastra 1904 diberikan kepada dua orang sekaligus, yaitu kepada Frédéric Mistral dan José de Echegaray. Kedua sastrawan ini dinilai layak berbagi nobel sastra karena dianggap sangat andil dalam memajukan sastra di negaranya masing-masing; Frédéric Mistral di Prancis dan José de Echegaray di Spanyol.

Frédéric Mistral
Frédéric Mistral lahir di Maillane, Département Bouches-du-Rhône, Perancis, pada 8 September 1830. Semasa hidupnya, Mistral adalah orang yang aktif dalam usaha pembaruan bahasa dan sastra Occitan (Provençal). Untuk usahanya ini ia mendirikan gerakan kesusasteraan félibrige bersama teman-temannya pada 1854. Gerakan ini didirikan dengan misi melestarikan bahasa dan adat istiadat Provençal. Ia bahkan memimpin gerakan ini hingga akhir hidunya. Ia Mistral meniggal pada 25 Maret 1914 pada umur 83 tahun.

Karier Mistral di dunia sastra bermula ketika ia menghadiri sebuah acara di Royal College of Avignon, Prancis. Di situ ia berkenalan dengan salah seorang guru yaitu Joseph Roumanille.  Roumanille adalah seorang penulis puisi dalam bahasa daerah dari Provençal. Perkenalan itu kemudian berkembang ke jalinan persahabatan. Relasi keduanya terus terjaga sepanjang hidip Marsal. Mistral kemudian memperoleh gelar Sarjana Hukum di Universitas Aix-en-Provence pada 1851.

Kerja keras Mistral selama kurang lebih selama 20 tahun dalam usaha melestarikan bahasa dan budaya Provençal menghasilkan sebuah kamus ilmiah Provençal, yang berjudul “Lou Tresor dou Felibrige”, 2 vol. pada 1878. Usai menerima nobel sastra, Mistral mendirikan sebuah museum etnografi Provencal di Arles. Mula-mula, biaya operasional museum ini menggunakan uang yang diperoleh Mistral saat menerima hadiah nobel.

Karya Mistral di bidang sastra terdiri dari empat puisi narasi yang panjang: Mireio (1859; Mireio: A Provencal Poem), calendau (1867), Nerto (1884), dan Lou Pouemo dou Rose (1897; Eng trans The Song of the Rhone..). Kemudian sebuah tulisan tentang tragedi sejarah yaitu La Reino Jano (1890; "Ratu Jane"); dua volume lirik, Lis Isclo d'or (1876; definitif edisi 1889) dan Lis Oulivado (1912); dan sejumlah cerita pendek yang terangkum dalam Prosa d'Armana, 3 vol. (1926-1929).

José de Echegaray
José de Echegaray adalah seorang sastrawan berkebangsaan Spanyol. Ia lahir di Madrid, 19 April 1832. Dalam sejarah kesustraan Spanyol, Echegaray dikenal bukan hanya sebagai seorang sastrawan, tapi ia juga dikenal sebagai matematikawan dan seorang negarawan.
Semasa hidupnya, Echegaray yang berlatar belakang pendidikan sebagai seorang insinyur sipil ini juga banyak menulis drama.

Dramanya yang terkenalnya adalah El gran galeoto. Drama ini ditulis dengan gaya melodrama abad ke-19. Melalui drama ini, Echegaray berkisah tentang pengaruh negatif dari rumor-rumor yang tak jelas asalnya turut mempengaruhi kebahagiaan tokoh-tokoh Abad Pertengahan. Echegaray mengisinya dengan arahan panggung yang cukup yang menerangi apa yang akan kita anggap sebagai gaya akting yang terkenal pada abad 19.

Drama Echegaray ini kemudian dijadikan film bisu oleh Paramount Pictures, dengan judul The World and His Wife. Drama-drama terkenalnya: O locura o santidad, 1877; Mariana (1892); El estigma, (1895); La duda, 1898; El loco Dios, (1900).

Echegaray meninggal di Madrid pada 14 September 1916 di usia 84 tahun.
Dua Sastrawan Peraih Nobel Sastra 1904 Dua Sastrawan Peraih Nobel Sastra 1904 Reviewed by Steve Elu on 00:55:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.