Sekilas Cerita Saat Pembuatan Paspor dan Visa

STEVEELU.com - Untuk para pengunjung setia blog saya, saya ingin minta maaf yang sebesar-besarnya, jika dalam tiga minggu terakhir saya jarang meng-update blog saya, baik dengan puisi baru maupun tulisan-tulisan lainnya.

Hal ini terjadi karena saya harus mengurus paspor dan visa untuk keberangkatan ke suatu tempat. Dan akhirnya semua urusan ini sudah selesai dan sekarang saya sudah siap-siap untuk berangkat. Tapi di sini saya tidak ingin bercerita soal kemana saya akan pergi karena saya akan membuat tulisan sendiri tentang perjalanan itu.

Di sini saya hanya ingin berbagi soal mudah-sulitnya mengurus paspor dan visa di Jakarta.

Paspor

Sebelumnya saya memang sudah memiliki paspor. Saya membuatnya pada Maret 2012 karena akan menjalankan tugas liputan berita ke Timor Leste. Namun, setelah pulang dari tugas liputan itu, saya bingung dimana saya menaruh paspor saya itu, dan jadilah tak saya temukan dimana keberadaanya.

Lantas, satu minggu sebelum libur Lebaran 2014 (akhir Juli) saya mendapatkan tugas dari kantor tempat saya bekerja untuk melakukan liputan ke luar Indonesia. Sudah pasti, saya membutuhkan paspor itu. Jadilah saya harus mengurus ulang dari awal paspor saya itu.

Hal pertama yang harus dilakukan saat Anda kehilangan paspor adalah membuat surat kehilangan di Kantor POLRES. Ini penting karena untuk kehilangan paspor tidak bisa dikasih surat keterangan hilang dari kantor polisi yang biasa (Kapospol). Harus dari POLRES karena itu akan terkain urusan antarnegara.

Waktu itu saya mengurus surat keterangan hilang untuk paspor saya di Kantor POLRES Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Urusan surat ini lumayan gampang dan tidak berbelit-belit.

Setelah dari situ, saya ke Kantor Imigrasi Klas I Jakarta Pusat yang berada di daerah Kemayoran. Di situlah lika-liku dimulai. Kebetulan waktu itu menjelang libur Lebaran. Urusan kehilangan paspor harus dimulai dari BAP yang akan dibuat di Lt.4, dengan Pak Henri Flores.

Orang ini boleh dibilang cukup ramah untuk menerima orang yang ingin membuat BAP paspor hilang. Hanya saja, dan mungkin menjadi kebiasaan di kantor imigrasi ini, prosesnya sangat lama dan berbelit-belit. Bayangkan saja, untuk menunggu hanya satu tanda tangan, saya harus menunggu dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB baru bisa mendapatkannya.

Setelah itu, semua berkas harus diantar ke Kantor Kementrian Hukum dan HAM di daerah Cawang, Jakarta Timur. Proses di sini akan berlangsung selama dua hari.

Setelah dari Kantor Kementrian Hukum dan HAM, berkas tersebut harus dibawa lagi ke kantor imigrasi. Setelah itu barulah proses pengambilan foto.

Untuk foto, Anda harus hadir di kantor imigrasi paling lambat pukul 06.30 WIB karena saat itulah nomor antrian untuk foto dibagi. Lewat dari situ, nomor antrian tak dibagi lagi dan Anda harus menunggu hari berikut.

Setelah proses foto, Anda perlu menunggu tiga hari lagi baru bisa mendapatkan paspornya. Namun, satu hal yang ingin saya catat di sini bahwa selama proses foto ini, Anda bisa menyaksikan segala macam kecurangan.

Praktik calo di Indonesia mungkin sudah biasa. Namun sayang sekali kalau sampai hari ini praktik seperti ini masih bisa terjadi terus. Dan lebih ngeri lagi adalah bahwa para pelakunya adalah para pegawai di kantor itu.

Contoh, kalau Anda punya kenalan salah satu pegawai di situ maka hari ini proses foto, sore Anda bisa mendapatkan paspornya. Para pegawai di situ bisa memabantu, tetapi tentulah Anda harus membayar sejumlah uang. Hal inilah yang paling malas saya lakukan. Ya bgitulah. Mudah-mudahan pemerintah baru ini bisa mengatasi birokrasi dan praktik yang sangat tidak menyenangkan itu.

Visa

Untuk proses visa memang cukup mudah. Kalau Anda memenuhi semua berkas yang dibutuhkan maka prosesnya paling lambat 10 hari kerja. Semula datanglah menyerahkan semua berkas dan Anda akan diberitahu kapan harus mengambil paspornya. Anda tinggal menunggu untuk kembali ke kedutaan negara mana Anda ingin mendapatkan visa untuk mengambil visa Anda.

Semoga pengalaman ini bisa membantu teman-teman yang ingin membuat paspor dan visa.

Steve Elu
Sekilas Cerita Saat Pembuatan Paspor dan Visa Sekilas Cerita Saat Pembuatan Paspor dan Visa Reviewed by Steve Elu on 09:38:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.