Festival Sastrawan Katolik



STEVEELU.com - Kamis, 26 Juni 2014 yang lalu, saya datang ke Universitas Indonesia (UI) untuk wawancara dengan Mas Manneke Budiman. Topik wawancara kami adalah perihal "Klerikalisme". Di halaman depan Gedung II Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya UI kami mengobrolkan banyak hal, seputar dosa para klerus yang menempatkan diri dan statusnya lebih tinggi dari awam sehingga dalam praktik hidup menggereja mereka selalu dinomorsatukan dan seolah tak tersentuh. Contohnya, kalau imam korupsi atau menghamili perempuan pasti ditutup-tutupi, yang beredar hanyalah desas-desus atau dipindahtugaskan.

Usai wawancara sekitar 45 menit, obrolan kami sedikit berubah dan mengarah ke hal yang sama-sama kami minati di luar pekerjaan utama kami (saya sebagai wartawan, ia sebagai dosen dan narasumber). Ia bertanya soal proses penerbitan buku saya yang pertama. Pasalnya, ialah yang memberi ulasan atau bahasan untuk buku kumpulan puisi saya itu.

Lalu, obrolan kami meluas lagi. Mas Manneke malah menawarkan ide untuk mengadakan Festival Sastrawan Katolik Indonesia. Kebetulan kami pernah sama-sama menghadiri Asean Literary Festival 2014 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Menurutnya, acara seperti itu menarik karena memberi ruang kepada para sastawan Katolik untuk saling berdiskusi, mengadakan pameran, dan sebagainya.

Saya pikir, ide seperti ini menarik. Mungkin sudah saatnya Gereja kembali merangkul dunia seni, meski tidak harus sama dengan zaman renaisans. Terkadang orang menganalogikan seniman atau sastrawan dengan orang yang urak-urakan dan jauh dari halaman Gereja. Padahal, di masa lalu, seni dan Gereja pernah menyatu dan menghasilkan sebuah periodesasi dengan karya-karya yang menakjubkan. Salah satunya, lukisan-lukisan Michaelangelo Buonarroti.

Lagipula, dalam hemat saya, Gereja dan seniman atau sastrawan berjuang untuk hal yang sama yaitu memanusiakan manusia. Masalah-masalah sosial yang mencederai kemanusiaan coba didiskusikan dan dicari solusinya.

Lantas, siapakah yang ingin memuli ide menarik ini? Atau paling tidak, siapakah yang bersedia bekerja sama untuk menggalang even yang istimewa ini?

Steve Elu
Festival Sastrawan Katolik Festival Sastrawan Katolik Reviewed by Steve Elu on 18:16:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.